Kamis, 22 September 2011

Faktor penyebab menarik diri

Anda pasti pernah melihat seorang teman yang lebih suka menyendiri tidak ingin bergabung dengan teman-teman dan lingkungan sosialnya. Dan apakah Anda juga pernah menanyakan apa penyebab dia menarik diri? Beberapa persepsi beranggapan bahwa orang yang menarik diri dari lingkungan sosial karena kurangnya kepercayaan diri  dan ketidakmampuan individu untuk beradaptasi terhadap lingkungannya.

Seperti yang sering kita saksikan di sinetron atau film yang menayangankan adanya diskriminasi antara kaum minoritas dan mayoritas. Dimana kaum mayoritas mengucilkan kaum minoritas sehingga mereka cenderung menarik diri dari lingkungan sekitarnya karena adanya tekanan dari kaum mayoritas.

Dan apakah Anda juga pernah mengalami hal tersebut, dimana di suatu kondisi Anda merasa ingin menarik diri. Dan seperti apakah pandangan psikologi mengenai penyebab individu menarik diri.
Faktor penyebab individu menarik diri menurut artikel psychologymania.com yaitu adanya Ketidakpercayaan diri dalam kehidupan sosial, membutuhkan kehidupan privasi yang lebih besar, dan idealisme pribadi tidak sejalan dengan nilai sosial.

Sedangkan menurut artikel yang ditulis oleh RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang, menjelaskan bahwa menarik diri merupakan suatu percobaan untuk menghindari interaksi atau hubungan dengan orang lain yang ditandai dengan isolasi dan perawatan diri yang kurang. Faktor penyebabnya yaitu :
1.   Perkembangan
Sentuhan, perhatian, atau kehangatan yang kurang dari keluarga yang mengakibatkan individu menyendiri dan kemampuan berhubungan dengan orang lain tidak adekuat dapat berakhir dengan menarik diri.
2.   Komunikasi dalam keluarga yang kurang kooperatif, individu sering mengalami kecemasan dalam berhubungan dengan anggota keluarga, sering menjadi kambing hitam, sikap keluarga yang tidak konsisten (kadang boleh kadang tidak).
3.   Sosial budaya di kota besar, masing-masing individu sibuk memperjuangkan hidup sehingga tidak ada waktu bersosialisasi. Individu yang tidak produktif diasingkan dari orang lain, situasi ini mendukung perilaku menarik diri.

Terkadang, nilai sosial di masyarakat tidak sesuai dengan harapan pribadi, tetapi bukan menjadi alasan utama untuk menarik diri secara sosial. Sekarang  tergantung dari pemahaman individu terhadap situasi dan kondisi di lingkungan sosialnya. Lingkungan sosial sekitar harusnya dijadikan sarana untuk terapi untuk menjaga tingkahlaku normal agar tetap sesuai dengan norma-norma sosial.

Menyendiri memang adalah sebuah kebutuhan pribadi untuk intropeksi dan berpikir sejenak untuk menjalani kehidupan sosial. Tetapi individu agar tidak terlalu berlarut-larut dalam kesendirian.


Referensi :
www.meth-treatment.org
rs-amino.jatengprov.go.id
www.psychologymania.com

1 komentar:

  1. YouTube - The Ultimate Guide To Making Music On Youtube
    Youtube is one of the best ways to watch sports on download youtube videos your mobile or your desktop. Learn how to place bets with YouTube. Watch and win.

    BalasHapus